Selasa, 21 Februari 2012

2 Hari di TFT


2 hari, ya hanya 2 hari kebersamaan ku dan teman-teman dipelatihan Training For Trainer (TFT) se-Sumbagut. Bertemu peserta dari berbagai daerah adalah sesuatu yang mengasyikkan bagiku. Ada yang dari Medan dengan logat bicara Medannya yang khas, ada yang dari Riau dengan wajahnya yang cantik, hitam manis. Ada juga yang dari STAIN Batu Sangakar, dari IAIN Imam Bonjol, UBH, tuan rumah UNP, STAIN Bukittinggi, UNAND, Politani, tentunya dari STKIP PGRI Sumbar dan banyak lagi yang blum ku sebutkan. Tapi sayang, yang dari Aceh nggak bisa datang.
Ruangannya luas, aula dengan kursi yang berjejeran rapi. Di depan ada panggung dengan layar besar dan 3 kursi, lebih tepatnya sofa tempat pemateri duduk dan sebuah meja yang bertambah indah dengan hiasan bunga di tengahnya.
Di luar ada dua meja bersusun rapi dibaluti kain panjang dengan motif yang unik, di atasnya ada berbagai buku dan gantungan kunci yang unik-unik. Aku lebih memilih melihat-lihat buku ketimbang registrasi. “registrasi tu bisa nanti aja!” fikirku. Bukunya bagus-bagus, Ada yang judulnya Jangan Sadarin Wanita, Jangan Sadarin Cowok sampai Jangan Sadarin Jilbaber.
tapi aku yang baru-baru mau menbaca ini lebih suka dengan novel. Jatuh pilihanku pada dwilogi novel SEKAR yang nggak terlalu tebal heheheh…
Eh,,, ada tangan yang menyeretku ke ruangan acara, ternyata acaranya udah dimulai. Gara-gara keasyikan liat-liat buku, mpe nggak tau kalau acaranya dah dimulai,, hehe Ulya, Ulya!
Aku duduk di barisan no 11 dari depan, tu kan gara-gara terlalu konsentrasi liat-liat buku jadi nggak dapat tempat duduk yang paling depan deh! Ya nggak apalah sesi kedua nanti aku bisa pindah kedepan. Acra dimulai dengan lantunan ayat-ayat Allah yang menggema keseluruh sudut aula itu.
Sesi pertama selesai, acara dipending sampai selesai ishoma. Selesai ishoma acara dilanjutkan, seperti kataku tadi, setelah makan aku berburu kursi depan dan hap… dapat! Aku duduk di barisan ke-2 dari depan. Materi dimulai, ku perhatikan dengan seksama kata-kata yang keluar dari mulut pematerinya. Decak kagum terus keluar dari mulutku, pematerinya adalah alumni ITB Bandung, beliau akrab dengan panggilan Kang Cecep walaupun nama beliau yang sebenarnya bukan itu. Dan satu lagi namanya Kang Ardian juga dari ITB.
Yang paling seru tu hari kedua, hari itu khusus untuk simulasi aja, 13 peserta yang udah terpilih untuk training hari ini telah mempersiapkan dirinya, tak sabar aku mo liat penampilan mereka.
penampilan pertama dari UNAND namanya Farid, penampilanya luar biasa! tapi karna waktu yang diberikan terbatas jadi kegantung materi yang disampaikannya. Terus Suhanda dari UIN SUSAKA Riau, ice breaking yang digunakannya asyik, jadi samangat! Ada juga dari Politani yang jelas banget gemeterannya, hahahha! Dan selanjutnya…dan selanjutnya…! Sampai ke-13 kontestan tampil dan akhirnya terpilih 5 trainer yang akan maju kebabak berikutnya, 2 dari UNP, 1 dari UNAND, 1 dari STAIN Batu Sangkar, dan yang satunya lagi perwakilan dari UIN SUSKA Riau. Disela acara ada penampilan nasyid dari team nasyid ARIF, wah.. banyak yang suka sama suara vokalisnya, buktinya banyak yang tepuk tangan dan minta lagi, termasuk aku hehehhe,,,!
Dan akhirnya sampai pada pengumuman siapa yang menjadi juaranya, dan ternyata juaranya jatuh pada perwakilan UKK UNP. Semua bertepuk tangan termasuk aku, meski perwakilan dari STKIP nggak jadi juara, yang penting kami disini bisa dapat banyak pengalaman dan pelajaran tentang bagaimana menjadi seorang trainer muda dan bagaimana menguasai acara. Pengalaman yang sangat berharga bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai daerah.
Selanjutnya pelatihan trainer yang lebih dahsyatnya lagi di ITB Bandung! Apa aku bisa kesana? Aku ingin ikut tapi aku pesimis karna biaya kesana nggak sedikit, tapi aku dan temanku Dhanti udah bertekad untuk nabung dan berangkat sama-sama ke Bandung.
Bandung Lautan ADK tunggu kami!





Bicara acara diluar daerah aku jadi ingat sarasehan yang diadain di IPB dulu, aku nggak bisa ikut karna keterbatasan financial, padahal aku pengen bageetttt tu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar